Apa sih organisasi?
Mungkin masih banyak orang yang belum memahami apa peranan organisasi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak definisi yang menjelaskan berbagai arti organisasi. Seperti dibawah ini yang mendefinisikan organisasi secara teori.
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis).
Ada pula definisi organisasi menurut para ahli:
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Demikian banyaknya definisi dari organisasi, akan tetapi semuanya mempunyai tujuan yang sama dalam berorganisasi. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Tidak hanya itu saja yang berkaitan dengan organisasi, tapi masih banyak juga aspek-aspek yang harus diterapkan dalam kehidupan berorganisasi. Salah satunya pada diri kita masing-masing yang harus mempunyai sikap bertanggung jawab dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Apabila kita sudah bisa bertanggung jawab pada diri sendiri maka dalam berorganisasi pun dengan secara otomatis akan diterapkan hal yang sama apalagi dalam berorganisasi teerkait dalam sekelompok orang yang mempunyai tujuan bersama untuk mewujudkan apa yang telah direncanakan. Selain itu kita sebagai makhluk sosial sudah pasti menjalani kehidupan berorganisasi dengan sekelompok orang disekitar kita, karna pada hakikatnya manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan orang lain dalam kehidupannya dan akan lebih mudah dengan adanya organisasi dapat mewujudkan tujuan yang akan dicapai secara lebih sistematis dan terkendali. Keberhasilan pun akan mudah untuk diraih. Dalam kegiatannya Perusahaan-perusahaanpun menjalankan bisnisnya juga dengan cara berorganisasi untuk memudahkan kelancaran dalam bisnis yang sudah dibuatnya. dalam perusahaan biasanya mempunyai posisi masing-masing dalam organisasinya dan akan dengan mudah mengatur tanggung jawabnya masing-masing bagian.
Memang tidak mudah untuk membangun sebuah organisasi yang utuh karna ada beberapa hal yang bisa saja menjadikan keretakan dalam keorganisasian, seperti kurangnya komitmen dan tanggung jawab dalam organisasi, menjadikan organisasi untuk kepentingan pribadi, tidak adanya pembagian kerja yang adil, dan kurangnya jiwa kepemimpinan dalam menjalankan sebuah organisasi. Semua hal itu tidak akan terjadi apabila kita bisa menjalankan sebuah organisasi sebaik mungkin dengan aturan atau komitmen yang sudah disepakati bersama.
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://www.membuatblog.web.id/2010/05/kepemimpinan-dalam-organisasi.html
No comments:
Post a Comment